Senin, 23 Desember 2019

Honda Brio Satya A (2013)

di tahun 2013 era mobil LCGC dimulai di Indonesia. dengan beberapa regulasi yang mengikat spesifikasi mobil seperti radius putar, dan konsumsi BBM. beberapa pabrikan pun bermain di segmen baru ini dan salah satunya honda dengan Honda brio yang melenggang dengan brio satya yang dibandrol dibawah 120 juta. Varian termurah ada di Honda Brio Satya trim A.

Eksterior
menjadi produk termurah dari pasukan LCGC honda. Brio Satya A tampil dengan sangat minimalis. Menggunakan basis dari kakak kembarnya si Brio S CBU, brio satya A ini dijual dengan banyak fitur yang dipangkas.

Selain kubikasi mesin turun menjadi 1200cc,  fitur spion electric pun absen dan digantikan dengan spion manual dengan tampilan hitam. dan satu hal lagi, yang benar benar membuat si brio satya A ini terlihat sangat "kaleng", yaitu hilangnya dop penutup velg kalengnya, walaupun velg masih tetap 14 inch (beda dengan kompetitor yang berani kasih ring 13 dengan profil ban kurus untuk LCGC termurahnya. Honda masih lebih berhati hati untuk jaga image produknya).
brio satya A (2013)

Bagian belakang mobil pun masih sama polosnya dengan Brio S CBU. tanpa rear wiper, namun tetap dengan upper spoiler dan stop lamp LED nya. ditambah dengan bergantinya logo H menjadi logo melati yang menjadi ciri khas mobil LCGC.

Interior
masuk ke bagian interior, rasanya tidak ada beda dengan pendahulunya si Brio S CBU. desain dashboard, panel AC, dan roda kemudi sama persis dengan brio S CBU. Beruntungnya panel instrumen di depan kemudi masih komplit dengan tachometer. sayangnya fitur tilt steeringnya dihilangkan, sehingga setelan kemudi menjadi tidak bisa dinaik turunkan.

Fitur
dua hal penting yang hilang di brio kelas LCGC ini yaitu tidak adanya fitur rem ABS dan transmisi otomatis. bukan tidak ada sih, brio rakitan lokal yang bertransmisi otomatis tidak dijual dengan skema LCGC. lebih tepatnya di honda CKD tipe S dan E. tentu saja tidak mendapat insentif keringanan pajak kendaraan seperti satya.
panel kontrol Brio S CBU (atas) vs Brio satya A (bawah)

terlepas dari "disunatnya" banyak fitur di Honda Brio Satya A ini, ada satu fitur yang justru lebih baik dari pendahulunya yaitu keempat jendelanya sudah power window, dan semua sisi jendela dapat dikontrol melalui sisi pintu driver, tidak seperti pendahulunya si Brio satya S CBU yang bermesin 1300cc keluaran tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tekanan ban Honda Brio

setiap jenis kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat biasanya diberikan panduan berapa tekanan ban yang pas untuk bannya. angka tekana...