Jumat, 17 Juli 2020

ukuran wiper honda brio (semua generasi)

wiper adalah sebuah piranti yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil sehingga jarak pandang tetap terjaga dengan baik selama berkendara. wiper ini terdiri dari dua bagian utama yaitu wiper dan penyemprot cairan wiper. untuk wipernya sendiri terdiri beberapa komponen yaitu karet wiper, lengan wiper, dan motor penggerak. sedangkan untuk bagian penyemprot cairannya terdiri dari nozzle, selang, tanki cairan wiper, dan pompa penyemprot.

untuk honda brio, wiper ini terletak di kaca depan (windshiled) sebanyak dua buah, dan satu buah di bagian kaca belakang khusus di brio tipe E ke atas. baik kaca depan maupun kaca belakang sudah dilengkapi nozzle penyemprot untuk cairan wiper membersihkan kaca.

Perawatan
wiper menjadi parts yang wajib diperhatikan, terutama saat musim hujan tiba saat penggunaannya cukup intens. perawatan wiper biasanya lebih difokuskan pada komponen karet penyapu di bagian yang menempel pada kaca. selain itu washer dan cairannya juga perlu diperhatikan level cairannya agar tetap terjaga dan tidak kosong.

penggantian karet wiper lazim dilakukan saat kondisi sapuan sudah mulai tidak optimal. misal karena karet sudah mulai keras dan kehilangan fleksibiltasnya. sedikit tips agar karet wiper mempunyai usia lebih panjang yaitu dengan mengangkat wiper arm dari kaca saat parkir mobil pada kondisi terjemur panas terik. hal ini dilakukan agar karet tidak mendapat panas berlebih dari kaca mobil yang dapat memperpendek usia karet wiper.

Ukuran Wiper Brio
ukuran standard dari wiper brio adalah 22 inch untuk bagian kanan depan, dan 16 inch untuk bagian kiri depan. sedangkan pada kaca belakang, wiper dengan ukuran 12 inch menjadi size standard.

dengan penggunaan wiper ukuran standard tersebut memang ada sedikit bagian pada kaca depan bagian tengah yang tidak tersapu dengan baik. beberapa user honda brio mengakalinya dengan memaksimalkan ukuran wipernya dengan naik satu step pada wiper sebelah kanan dengan memasang ukuran 24 inch. hasilnya sapuan pada kaca lebih baik dan tetap aman digunakan. berikut perbandingan wiper ukuran 22-16 standard dan wiper ukuran maksimal 24-16 pada kaca depan honda brio.
Perbandingan wiper standard 22 inch vs 24 inch

bagaimana dengan kaca belakang? penulis sudah coba sendiri naikkan ukuran wiper dari 12 inch ke 14 inch, dan hasilnya setelah terpasang pada brio old. wiper 14 inch ini nyangkut di spoiler pintu bagasi belakang. jadi amannya tetap pakai ukuran standard ya untuk kaca belakang.

Kesimpulan :
1. angkat wiper arm jika parkir dalam kondisi terpapar matahari langsung, agar karet wiper lebih awet.
2. ukuran wiper standard yaitu 22-16 inch untuk kaca depan, dan 12 inch untuk kaca belakang (saya kurang tau untuk yang allnew dengan pintu belakang tailgate)
3. ukuran wiper kiri depan dapat di pasang maksimal ukuran 24 inch untuk mendapat sapuan kaca yang lebih optimal. selebihnya ikuti size standard.

1 komentar:

  1. Jika kamu ditanya mobil mana yang paling bagus jawabanmu apa? Cek selengkapnya lokasi promo info mobil baru. serta portal sales mobil yang bisa kamu jadikan media untuk promo mobil

    BalasHapus

tekanan ban Honda Brio

setiap jenis kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat biasanya diberikan panduan berapa tekanan ban yang pas untuk bannya. angka tekana...