Jumat, 20 Desember 2019

Brio S CBU (2012)

hadir sebagai tipe awal citycar compact honda di tahun 2012. Brio bermesin 1300 CC ini didatangkan langsung dari thailand dengan skema CBU (complete built up). Brio S  ini merupakan trim terbawah Honda brio saat itu, dan mempunyai dua pilihan transmisi yaitu manual dan matic 5 percepatan.

Eksterior
dilengkapi dengan velg kaleng berukuran Ring 14, memberikan proporsi kaki kaki yang cukup baik bagi mobil kecil ini. ditambah dengan balutan dop penutup velg yang membuat tampilannya lebih manis.

honda Brio S 2012

Tampilan eksterior sisi samping terasa begitu simple, dilengkapi spion plastik berwarna hitam (tidak sewarna body). Begitu juga door handle model tarik yang masih berwarna hitam. lampu sign tersedia di side fender body mobil, terasa sangat mengedepankan fungsi dibanding tampilannya.

Bagian belakang, pintu bagasi full kaca khas brio generasi pertama dengan upper spoiler dan lampu stop lamp LED. membuatnya tampak sporty. Berbeda dengan tipe E yang dijual lebih mahal, ornamen plat dibawah pintu bagasi belakang pun absen di tipe S. Namun keduanya sama sama hadir tanpa fitur defogger maupun rear wiper.

beda buritan brio S (bawah) dengan brio E (atas)

Interior
Dashboard dengan desain awal pre facelift, desain kisi ac dan panel dashboard membulat dengan campuran warna black - brown - beige. jok, plafon, dan doortrim di dominasi warna beige.

Fitur
Pengaturan spion sudah elektrik melalui tombol di sisi pintu driver. namun power window hanya tersedia di baris depan saja. itupun kontrol tiap jendela hanya bisa diakses dari masing masing pintu. jadi hanya ada satu tombol power window di sisi driver. untuk baris kedua, brio ini dilengkapi dengan engkol untuk buka tutup jendela secara manual.
panel kontrol jendela di sisi pintu driver brio S 2012

Untuk hiburan, tersemat head unit merk JVC single din bawaan pabrikan. Juga telah terpasang empat buah speaker di tiap pintu. yang tak kalah penting yaitu kontrol AC di konsol tengah berupa tombol knob analog dengan pengaturan suhu, kecepatan dan arah semburan angin, serta pengaturan buka tutup ventilasi AC.

tampilan dashboard dengan head unit JVC single din

Fitur safety lengkap dengan ABS walau mobil ini merupakan trim bawah. belum ada alarm terpasang di brio S ini, namun kunci mobil sudah menggunakan immobilizer. Juga fitur dual SRS airbag telah terpasang di dashboard dan stir pengemudi.

Pengaturan stir pun lumayan fleksibel dengan adjust tilt steering yang memudahkan pengendara mengatur tinggi rendah roda kemudi untuk mendapat posisi mengemudi yang paling nyaman. Kekurangan ada pada sektor penerangan karena belum tersedia fog lamp di tipe S 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tekanan ban Honda Brio

setiap jenis kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat biasanya diberikan panduan berapa tekanan ban yang pas untuk bannya. angka tekana...