Selasa, 24 Desember 2019

Honda Brio Sports CBU (2014)

Honda brio sejatinya dilahirkan sebagai compact citycar yang mulai masuk pasar otomotif indonesia sejak tahun 2012. namun pada pertengahan tahun 2013 brio ini ikut berperang dalam market mobil LCGC sebagai brio satya dengan segala penyesuaian. sejak saat itu brio benar benar bermain dalam dua segmen pasar, yaitu kelas citycar dan "mobil hemat". sebagai wujud diferensiasi pasar, honda menawarkan sedikit sentuhan pada brio CBU yang sebelumnya telah hadir tahun 2013 sehingga lahirlah brio sports ini.

Berbasis brio CBU tipe E yang disempurnakan, ada beberapa fitur yang disematkan pada brio CBU kasta tertinggi ini. berikut penjelasannya..

Eksterior & mesin
menggendong mesin cukup besar dibanding adik kandungnya, bahkan para pesaing di kelasnya. mesin yang berkode L13Z berkubikasi mesin 1339cc ini adalah mesin yang serupa honda fit atau jazz di pasar domestik jepang. dari spek mesin pun aura sporty sudah terdengar jelas, mengingat brio ini berbody kecil namun mesinnya terbilang besar di kelasnya.

Ubahan paling terlihat di Brio sports ini yaitu sisi eksteriornya dengan obat ganteng berupa tambahan striping yang memanjang dari ujung bumper depan dengan tarikan garis ke kap mesin, atap, hingga bagian buritan. selain itu, emblem "sports" di sisi kiri pintu bagasi seakan menegaskan bahwa ini adalah brio yang berbeda (baca: mahal).
striping khas brio sports (CBU 1300cc)

Nilai lebih dari keluarga brio CBU selain kubikasi mesin besarnya, juga hadir dari radiator yang lebih besar dan extra fan yang berjumlah dua, baik tipe manual ataupun varian maticnya. Seperti yang kita tahu, di brio satya ukuran radiator diperkecil dan hanya mendapat satu buah extra fan. Banyak keluhan mengenai kerusakan fan ini karena kerjanya yang berat mendinginkan mesin dan juga sebagai pendingin AC mobil.

Interior
hadir sebagai paket komplit, brio sport sudah dilengkapi foglamp, rear wiper, spion electric, sama seperti brio CBU tipe E. Bahkan menjadi satu satunya brio yang mempunyai defogger di kaca belakangnya. fitur yang cukup berguna saat kaca belakang berembun. akses tombol untuk mengaktifkan defogger ini berada di panel kontrol AC, tepatnya berbagi tombol dengan foglamp di sisi sebelah kanan. Namun fitur steering control masih belum hadir di brio sports ini.

tuas transmisi matic Brio 5speed

Fitur
beragam fitur unggulan dari honda brio CBU yang sebelumnya hadir jelas ada disini, seperti dual SRS airbag, head unit double din, foglamp, rear wiper, dan defogger yang tadi disebutkan diatas. juga fitur ABS hadir di kedua varian manual dan maticnya.
kaca belakang dilengkapi defogger
catatan : menurut pandangan penulis, brio sports ini hanya beda di desain cat yang terlihat resing saja, plus defogger yang rasanya akan sangat sulit dipasang di bengkel variasi. worthed atau tidak? kembali ke persepsi masing masing, yang jelas unit secondnya pun sangat jarang di pasaran dan banyak diminati pecinta Brio karena mesinnya yang lebih bertenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tekanan ban Honda Brio

setiap jenis kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat biasanya diberikan panduan berapa tekanan ban yang pas untuk bannya. angka tekana...