Kamis, 16 Mei 2019

Troubleshoot #2 Check Engine Menyala

Pertanyaan :
Tanya om indikator seperti di gambar brio sya hidup terus knapa ya dan apa yg harus sya lakukan sebelum ke beres. Mau langsung ke beres lagi tipis ni dompet. .Sebelumnya trimakasih mohon bantuan
check engine brio menyala

Jawaban & Pembahasan :
1. Data Awal
Honda brio (tidak diketahui tipe dan tahun pembuatannya), sempat digunakan oleh user melewati cuaca hujan.


2. Permasalahan
Check engine pada instrument cluster di dashboard mobil menyala konstan.

3. Kondisi pemicu
Kemungkinan beberapa komponen kendaraan terkena air hujan dan malfungsi.
kemungkinan error akibat dari air hujan?

4. Upaya Investigasi
Share dan bertanya di forum.

5. Penjelasan
Menurut buku panduan, ada dua tipe signal check engine. Yang pertama bila check engine menyala konstan, itu artinya terdeteksi masalah oleh sistem kendaraan pada sistem kontrol emisi. Jangan terburu-buru dan panik. menepilah barangkali hanya tutup tanki BBM mu yang kurang rapat, atau knalpot kemasukan air.

case closed, tutup tangki BBM kurang rapat

Namun bila indikator check engine masih menyala, Brio-mu masih diperbolehkan jalan santai untuk menuju bengkel terdekat kok, (tidak agresif dan disarankan tidak melaju lebih dari 50km/jam). Kemudian cek beberapa point yang berhubungan dengan sistem gas buang (sensor O2, lubang exhaust & knalpot).

Sedangkan bila check engine teramati nyala berkedip (flashing), menepilah dan matikan mesin terlebih dahulu karena sistem membaca ada problem pada pengapian kendaraan.
kutipan dari manual book Brio 2016


6. Tindakan Pencegahan
Untuk kasus kali ini, masalah check engine terpecahkan setelah user mengecek tutup bahan bakar. ternyata posisi tutup tanki bensin yang kurang rapat ini menjadi penyebabnya. Jadi jika terjadi hal seperti ini di Brio-mu, jangan langsung panik, bertindak wajarlah (sambil berdoa hanya hal sepele yang jadi penyebabnya). cek beberapa point sepele seperti tutup tanki BBM seperti di kasus ini.

Selalu lakukan service berkala sesuai rekomendasi pabrikan untuk mencegah engine fault saat beraktifitas dengan Brio-mu.

Pustaka :
facebook group Honda Brio Indonesia, diakses 17/05/2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tekanan ban Honda Brio

setiap jenis kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat biasanya diberikan panduan berapa tekanan ban yang pas untuk bannya. angka tekana...