Rabu, 15 Mei 2019

Troubleshoot #1 Remote Lock tidak berfungsi

Pertanyaan:
 Sore om suhu semuanya...  Mau tanya nih, mudah2an ada yang mau jawab..  mobil baru saja saya cuci di steam. Tapi pas pulang kerumah, tiba2 pintu mobilnya gak bisa dikunci pakai remote. Trus saya  kunci dengan cara manual. Dan saya coba buka lagi dgn remote, ternyata bisa. Tapi tetap saja  remote gak berfungsi utk mengunci mobilnya. Itu kira2 kenapa ya? Makasih sebelumnya

remote lock bermasalah


Jawaban & Pembahasan :
1. Data awal :
mobil unit baru, kemungkinan All new Honda Brio 2018/2019.
2. permasalahan : keyless lock atau mekanisme kunci melalui remote tidak berfungsi.
3. kondisi pemicu :
setelah pencucian di jasa cuci mobil (dikerjakan oleh orang lain).
4. upaya investigasi :
coba dengan lock manual melalui anak kunci di pintu pengemudi, mobil dapat mengunci dengan baik. namun tetap tidak bisa dengan remote.
5. Penjelasan :
Sistem penguncian honda brio dapat dilakukan dengan remote maupun melalui anak kunci (sumber : manual book). namun ternyata sistem kunci mobil melalui remote mengharuskan seluruh pintu mobil (termasuk bagasi dan kap mesin), harus dalam keadaan tertutup rapat.

permasalahan terjadi saat user tidak sadar bahwa pintu bagasi atau kap mesin belum sepenuhnya tertutup rapat. sehingga sistem menolak untuk mengunci kendaraan. hal ini dipicu bukan karena proses pencucian seperti yang disangkakan sebelumnya. namun lebih kepada ketidaktahuan user terhadap pintu yang kurang rapat. maklum yang cuci dan buka-buka pintu itu kan orang lain.

case close kk

6. tindakan pencegahan :
memastikan seluruh pintu termasuk bagasi dalam keadaan tertutup dengan benar sebelum dikunci. pastikan lampu hazard kendaraan berkedip sebanyak tiga kali, yang menandakan proses lock telah berhasil. pastikan juga dengan menarik salah satu handle pintu dari luar untuk memastikan pintu telah benar benar terkunci dan alarm mulai aktif, sebelum meninggalkan Brio-mu di parkiran.

*hal ini juga berlaku bagi unit brio model lawas (old model, facelift 2016. berdasarkan pengalaman saya)
pustaka :
facebook group Honda Brio Indonesia, diakses 16/05/2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tekanan ban Honda Brio

setiap jenis kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat biasanya diberikan panduan berapa tekanan ban yang pas untuk bannya. angka tekana...